Mencari Ketiak Ular

7 Juni 2008 at 4:15 am Tinggalkan komentar

Sudah beberapa hari ini gue diajak meeting evaluasi perusahaan. Sebenarnya gue paling malas ikut meeting evaluasi. Kaya’nya lebih penting ngeblog ‘ma keponakan gue Dian Sastrowardoyo atau bermain game online dibandingkan ikut acara2 seperti ini. Tapi karena ini titah langsung dari bos besar, lewat secarik memo, mau-enggak mau gue ikut juga. Bos besar mungkin mengamalkan salah satu ilmu manajemen dasar “ kalau tidak bisa menaklukan lawanmu, jadikan lawanmu itu kawanmu”.

Di dalam ruangan meeting yang terjadi apa yang diluar bayangan gue. Manajer pemasaran saling ngotot2an dengan manajer produksi, katanya penjualan menurun karena barang2 yang dikirim banyak yang cacat dan komplain konsumen belum bisa diatasi dengan tuntas. Manajer produksi ‘gak mau disalahin alasannya alat untuk memeriksa kerusakan pada produk akhir belum ada, karena dana untuk membelinya belum cair. Manajer keuangan bertahan tidak akan mencairkan dana kalau tagihan2 bulan lalu belum dilunasi. Padahal tagihan akan dibayar konsumen kalau semua komplainnya sudah diatasi. Perdebatan bukan hanya menyangkut penjualan yang menurun saja tapi juga menyangkut hal-hal lain. Pada intinya setiap manajer tidak mau disalahkan dan mengklaim dirinya paling benar. Siap mempertahankan kepentingan dan egonya sampai titik darah penghabisan. Gue merasa meeting ini bukan untuk mencari solusi tapi lebih mirip mencari ketiak ular. Persis seperti kondisi Indonesia saat ini, disatu pihak merasa benar karena membela agama, di pihak lain mengklaim berjuang untuk kebebasan dan hak asasi. Persamaan dari kedua pihak itu adalah mereka saling beragitasi di media dan saling menghancurkan (tentu seperti biasa….) mengatasnamakan umat

Kembali ke meeting, Kalau kita mau berpikir jernih dan menahan emosi. Perusahaan, negara atau keluarga ibarat badan. Badan bisa berfungsi dengan sempurna kalau semua anggota badan itu berjalan sesuai dengan fungsinya, walau bentuk dan fungsi anggota berbeda. Kalau salah satu anggota badan sakit, maka anggota badan yang lain juga akan terganggu, minimal badan tidak sempurna kinerjanya. Jadi di dalam perusahaan tidak boleh ada satu bagian merasa paling penting yang menentukan mati hidupnya perusahaan. Semua bagian sama pentingnya walau bentuk kontribusinya berbeda-beda.

Praktis dalam meeting itu gue hanya diam ’gak mau ngomporin suasana yang udah mau meledak. Untung aja dalam meeting itu ada konsumsinya, walau tidak banyak bicara tapi gue termasuk peserta yang aktif. Aktif menghabiskan 2 cangkir kopi dan sepiring roti bermerek yang gerainya cuma ada di mall (lumayaaan…. ). Bos besar Cuma ngeliatin tingkah laku gue mungkin dia bingung ngeliat gue yang mulutnya aktif tapi ’gak ada suara yang keluar, atau dia sudah nyesal ngundang gue untuk ikut meeting.

Saran gue buat peserta meeting yang rata sekolahnya udah tinggi, persoalan tidak akan pernah tuntas jika kita masih menempatkan ego masing2 diatas kepentingan perusahaan/bersama.
Malu kalau orang bilang kita ini terlalu pintar atau terlalu bodoh, tapi yang pasti kita tidak bisa bersikap bijaksana.

Entry filed under: artikel. Tags: , , .

Bill Gates Doa Minta Kutukan

Tinggalkan Balasan

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Pos-pos Terbaru

Komentar Terbaru

khanza di Pantun Patah Hati
khanza di Pantun Patah Hati
mug7y di Pantun Patah Hati
putri shabilla di Pantun Patah Hati
mia di Jomblo

Kategori

Juni 2008
S S R K J S M
    Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Blog Stats

  • 9,145 hits
374ac9c11207cbc8c65d4ff60be9cc27 gue Joko, kawan-kawan sekolah di SMA lebih suka memanggil gue jotem, singkatan dari joko item, padahal gue 'gak item2 banget. Karena pernah sekolah di jurusan teknik jadilah gue bekerja di bagian engineering. Hobby gue yang lain, yang kadang2 gue jadikan sidejob adalah sebagai desain graphis. Lumayan mengerjakan proyek kecil2an. Blog gue ini cuma berisi cerita2 ringan, mohon maaf kalau blognya jarang diupdate. Semoga setelah membaca blog ini hidup anda menjadi lebih ringan. SEE YOU ON THE WEB...

